Tips Mencegah Stres untuk Mahasiswa

Menjadi seorang mahasiswa harus siap dengan segala konsekuensinya. mulai dari jadwal kuliah yang kadang berantakan, tugas kuliah yang menumpuk, menjalani KKN sampai dengan skripsi. Nah, ketika mahasiswa tidak dapat mengimbangi kehidupan kuliah ia akan kewalahan, maka lama kelamaan stress akan muncul. Jika dibiarkan terus maka akan mengganngu kegiatan sehari-hari baik di kampus maupun diluar kampus. Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang disa dilakukan agar terhindar dari stress diantaranya:

  1. Sempatkan tidur yang cukup

J. David Forbes, MD, seorang ahli di bidang manajemen stres pernah berkata bahwa sepadat apapun kegiatan sehari-hari sebisa mungkin meuangkan waktu untuk tidur yang cukup. Karena kurang tidur akan mengganggu kerja otak, membuat badan lemas dan hal tersebut akan mengakibatkan kegiatan atau pekerjaan yang kita lakukan tidak berjalan maksimal, hal itu akan membuat anda stress apabila banyak pekerjaan yang terbengkalai. Stress juga akibat paling umum dari kurang tidur.

2. Makan makanan bergizi

Anak kuliah apa lagi yang tinggal di kost lebih sering memakan makanan cepat saji untuk menghemat pengeluaran dan waktu. Akan tetapi mereka tidak sadar bahwa memakan makanan cepat saji akan membahayakan tubuh dan mental. Makanan cepat saji justru menurunkan kinerja tubuh. Tubuh yang tidak fit akan lebih gampang stress. Nah, sebisa mungkin anda harus selalu makan makanan yang sehat. Makanan sehat tidak harus mahal dan membutuhkan waktu yang lama.

3. Berolaahraga teratur

Berolahraga adalah salah satu cara untuk mencegah stress. Olahraga dapat merileksasi tubuh dan otak. Olahraga tidak perlu yang berat, olahraga ringan minimal 10 menit sehari.

4. Memanjakan diri

Akibat banyaknya aktivitas membuat mahasiswa semakin stress. Sesekali memanjakan diri dapat membuat pikiran dan tubuh menjadi bersemangat kembali. Ketika mahasiswa sudah bersemangat maka akan dapat meingkatkan produktifitasnya esok hari.

Upahita, D. D. (2021, Juni 22). 5 Trik Jitu Mengusir Stres Untuk Anak Kuliah. Retrieved 10 03, 2022, from 5 Cara Mengatasi Stres yang Terbukti Untuk Anak Kuliah: https://hellosehat.com/mental/stres/cara-mengatasi-stres-mahasiswa/

Nur Ainun Waruwu