Manfaat Kurma Ajwa Bagi Kesehatan

Umat Muslim memiliki tempat khusus di hati mereka mengenai kurma. Kurma dianggap sebagai salah satu makanan terbaik yang direkomendasikan oleh Nabi Muhammad SAW dan disebutkan dalam banyak hadits. Nabi Muhammad SAW menyiapkan kurma sebagai hidangan pembuka dan hidangan yang memiliki banyak manfaat.

Kurma ini berasal dari Saudi Arabia dan ternyata juga tumbuh subur di Asia Barat Daya, Eropa Selatan bahkan Amerika. Daun kurma ini bentuknya menyirip dan memiliki dua rumah, tingginya bisa mencapai 20 meter. Dulunya kurma ini merupakan sumber utama nutrisi bagi penduduk gurun. Tetapi saat ini, kurma biasanya digulai terlebih dahulu sebelum dipasarkan, beserta tata cara pengawetannya. Kurma pernah ditemukan dan tumbuh di Saparua, Maluku.

      Menurut Otoritas Pengawasan Makanan Abu Dhabi (ADFCA), jenis, bentuk, ukuran, dan kelangkaan kurma mempengaruhi harganya. Kurma Ajwa adalah salah satu yang paling mahal. Nabi SAW awalnya menanam kurma ajwa di Madinah, di sebelah Masjid Quba. Sejak itu, buah ini dikenal sebagai “Kurma Nabi”.

      Nabi SAW bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim: “Barangsiapa yang mengkonsumsi tujuh buah kurma ajwa di pagi hari tidak akan terkena racun atau sihir pada hari itu.” (Al-Bukhari dan Muslim)

Jadi, apasih manfaat Kurma bagi kesehatan tubuh kita?

  1. Memperkuat Jantung

     Konsumsi kurma ajwa secara teratur membantu memperkuat dan meningkatkan kesehatan jantung dengan mencegah penyempitan pembuluh darah. Vitamin B yang ditemukan dalam kurma ajwa sangat penting untuk menghilangkan kadar homosistein yang berbahaya dari tubuh.

2. Menjaga gigi dan tulang yang kuat

Varietas kurma ini kaya akan kalsium dan fosfor, dua mineral yang dapat mendukung tulang dan gigi yang kuat. Diketahui bahwa kurma dapat membantu tubuh pulih dari kekurangan kalsium. Banyaknya mineral dalam kurma juga membantu membangun tulang dan menangkis berbagai penyakit berbahaya.

3. Tidak menaikkan kadar gula darah

    Kurma kaya akan gula alami termasuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dapat memberi Anda lebih banyak energi. Selain itu, buah ini memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

4. Penambah kekebalan tubuh

    Kurma adalah sumber antioksidan yang luar biasa karena rasanya yang asam manis. Kurma ajwa mengandung selenium dan elemen lain yang melawan kanker. Mengkonsumsi kurma secara teratur dalam jumlah yang tepat membantu memperkuat pertahanan sistem kekebalan tubuh dan melawan berbagai penyakit.

5. Bermanfaat untuk ibu hamil

    Wanita hamil juga bisa mendapatkan keuntungan dari kurma ajwa. Bila dikonsumsi selama kehamilan, kurma dengan kulit yang lembut dan berkerut dapat merangsang kontraksi rahim dan membantu pergerakan rahim. Waktu-waktu ini juga dapat mengurangi perdarahan postpartum.

Sumber : Mulachella, H. (2021). Dianjurkan Nabi, berikut manfaat mengonsumsi kurma. Katadata

Sri Rezky Gantina