Mengapa Tidur dianjurkan Mematikan Lampu? Simak Penjelasan Berikut Ini

Setiap orang memiliki kebiasaan berbeda tidur dengan lampu menyala atau tidak menyala. Tetapi, tidur dalam keaadan lampu menyala memberikan hal positif bagi kesehatan tubuh.

Manfaat tidur dalam kondisi gelap :

  1. Tubuh menghasilkan hormon melatonin

Hormon melatonin berguna untuk menangkal penyakit dan meningkatkan dan meningkatkan daya tahan butuh. Hormon melatonin adalah hormon pemicu rasa kantuk sebagai persiapan tidur.

Ternyata, tidur dalam keadaan lampu menyala tubuh tidak dapat menghasilkan hormon melatonin. Akibatnya, Daya tahan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit.

2. Mengurangi Depresi

Penelitian dari Ohio State University mengatakan tidur diruangan terang lebih berisiko mengalami depresi daripada tidur di ruangan yang gelap.

Tidur dalam keaadaan lampu menyala dapat membuat tidur menjadi tidak lelap karena terganggu oleh cahaya lampu.

Sedangkan, tidur dalam lampu tidak menyala membuat ruangan menjadi gelap dapat merelaksasikan pikiran sehingga bisa menurunkan rasa stres. Secara tidak langsung dapat digunakan sebagai sarana meditasi ringan untuk menstabilkan pikiran dan emosi.

3. Terhindar Resiko Diabetes

Cahaya Redup di malam hari bisa membuat tubuh kita mengatur ulang ritme fisik, seperti jadwal makan.

Tidur di ruangan cahaya terang kebanyakan orang- orang memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi. Akhirnya, disimpulkan bahwa lebih baik tidur dalam keadaan lampu tidak  menyala.

Melisa

Sumber:

Detik.com. (2022, 3 agustus). Tidur Sebaiknya Mematikan Lampu atau Biarkan Menyala? Ini Kata Pakar. Diakses pada 3 januari 2022, dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6214881/tidur-sebaiknya-mematikan-lampu-atau-biarkan-menyala-ini-kata-pakar

Sumber gambar: Grids.id